The Journey Part 1 (Ale’s Side)

Bus yang aku tumpangi beranjak meninggalkan Caringin. Meninggalkan Bandung, kota yang menjadi tempatku merantau selama beberapa tahun terakhir. Tiga puluh delapan jam ke depan, akan kuhabiskan di bus ini sebelum akhirnya sampai di kampungku.

Mengapa aku memilih naik bus? Bukan karena aku tidak mampu membeli tiket pesawat, tetapi aku menyukai sensasi perasaan rindu yang membuncah dengan hebat di sepanjang perjalanan dan kemudian menikmati perasaan lega saat sampai di kampungku.

Hanya beberapa orang di bus ini. Mungkin karena saat ini bukan musim liburan dan juga baris sebelah kanan disediakan untuk penumpang yang nanti akan naik di Rawamangun.

Aku duduk di bangku paling depan. Aku memilih tempat duduk ini agar bisa melihat pemandangan selama perjalanan. Dan juga menghapal rute perjalanan dari Bandung ke kampungku, Bukittinggi. Dari dulu aku selalu suka untuk menghapal rute perjalanan. Entah kenapa.

Bangku di sebelahku kosong, belum ada yang menempati. Aku beranjak berjalan menuju toilet yang terletak di bagian belakang bus. Beberapa bangku di belakangku juga kosong. Sedangkan di bangku bagian tengah bus, ada sepasang suami istri yang menempatinya. Mereka pasangan muda. Baru menikah sepertinya. Di bagian belakang, beberapa orang menempati bangku yang berdekatan. Mereka terlibat pembicaraan yang seru mengenai tempat-tempat wisata mana saja yang nanti akan mereka kunjungi saat sampai di Bukittinggi. Aku melemparkan senyuman saat melewati mereka.

Sekembalinya dari toilet, aku memejamkan mata. Tidak ada salahnya beristirahat sedikit sebelum tiba di Rawamangun. Nanti setelah penumpang di Rawamangun naik, pasti akan sulit untuk beristirahat.

Tepat seperti dugaanku, di Rawamangun banyak penumpang yang naik. Sekarang lebih dari separo bus terisi. Bangku di sebelahku juga sudah ada yang menempati. Seorang wanita. Sepertinya seusiaku. Aku melihat sebentar ke arahnya dan kemudian mencoba melanjutkan tidurku lagi.

  1. The Journey Part 1 (Hana’s Side) « SquareCube
    Feb 10, 2012
    [...] Part 1 Ale’s Side karya @zafride bisa dibaca di sini [...]
    Reply
Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome. & GeekyCube.